Blog untuk berbagi ilmu komputer

Friday, May 23, 2014

Panduan Corel Draw 2



MENDUPLIKASI OBJEK

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menduplikasi objek di dalam corel draw. Cara yang lazim adalah dengan perintah Copy – Paste, yang sama halnya dengan program aplikasi yang lainnya, namun corel draw punya cara-cara khusus.


1. Menggunakan kombinasi tombol mouse Langkah-langkahnya
􀀩 Blok objek yang akan di duplikasi
􀀩 Klik sambil di tarik ke arah posisi duplikasi objek muncul (drag)
􀀩 Langsung klik tombol kanan mouse (right click)
􀀩 Objek duplikasi yang langsung terlihat
Catatan :
Cara diatas juga bisa dilakukan dengan menarik (drag) salah satu kotak yang mengelilingi objek yang dalam keadaan terblok. Contohnya, tarik titik di kiri tengah ke arah kanan sambil menekan tombol ctrl kemudian right click, maka akan langsung tercipta objek duplikasi dalam bentuk berbalik (miror)


Gambar11. Objek Mirror

2. Menggunakan tombol + Langkah-langkahnya
􀀩 Blok objek
􀀩 Tekan tanda + yang ada pada keypad calculator
􀀩 Pindahkan objek duplikasi ke posisi yang diinginkan (bisa menggunakan arrow key), dan objek duplikasi akan langsung tercipta
3. Tranformasi
Transformasi adalah sebuah fasilitas untuk memindahkan posisi objek keberbagai arah dan bisa juga diiringi dengan perubahan bentuk, ukuran, transformasi punya beberapa pilihan diantaranya :
a. Position
Position digunakan untuk memindahkan posisi objek ke sisi kanan, atas, kiri, bawah dan juga ke sudut-sudut diagonal, sekarang kita coba memindahkan posisi objek, sekaligus memunculkan duplikasinya ke sisi kanan objek itu, langkah-langkahnya :

􀀩 Buat sebuah objek berbentuk lingkaran, dengan cara klik ellipse tool, tekan ctrl + shift sambil drag mouse agar bisa muncul lingkaran dengan semua sisi yang simetris, seperti gambar dibawah ini.


Gambar 12. Objek Lingkaran

􀀩 Blok lingkaran dan klik Arrange > Transformation > Position pada menu bar, maka akan muncul kotak dialog seperti berikut pada sisi kanan layar corel draw



Gambar 13. Position Transformation

􀀩 Pada bagian relative position, klik (beri tanda 􀀻) pada kotak di sebelah kanan tengah.
􀀩 Klik tombol Appy to Duplicate, untuk memunculkan opjek duplikasi di sisi kanan

Catatan : Jika ingin melakukan perubahan jarak, bisa ditambah atau dikurangi nilai yang ada pada kotak H: (horiznotal) atau juga kotak V: (vertikal)
Tugas :
Ulangi lagi langkah di atas untuk posisi-posisi yang lainnya.


b. Rotate
Rotate digunakan untuk memutar posisi objek, baik untuk di duplikasi atau hanya sekedar di putar. Sekarang kita coba memutar sebuah objek seperti gambar berikut, langkah-langkahnya :


Gambar 14.


􀀩 Blok objek tersebut
􀀩 Klik Arrange > Transformations > Rotate pada menu bar, sehingga muncul kotak dialog berikut pada sisi kanan layar corel draw:


Gambar 15. Rotate transformation


􀀩 Masukkan nilai pada kotak Angle:, untuk menentukan berapa derjat perputaran, coba masukkan nilai 15
􀀩 Klik tombol Apply to Duplicate sebanyak 11 kali. Kenapa harus 11. Karena kalau kita menduplikasi objek sebanyak 11 kali itu artinya kita mempunyai 12 objek, sedangkan kita menentukan derajat perputaran sebanyak 15 kali. Dan perputaran terjadi pada ke-2 (dua) sisi objek (pusat perputaran persis di tengah-tengah objek), sehingga dari nilai-nilai tersebut, 12 x 15 x 2, dihasilkan nilai 360. sehingga sekarang kita punya beberapa objek yang membentuk lingkaran. Bukankan sudut sebuah lingkaran bernilai 360° ?

􀀩 Sekarang objeknya akan berbentuk seperti berikut :


Gambar 16. Object Setelah di rotasi


c. Scale
Scale digunakan untuk merubah ukuran objek berdasarkan skala yang ditentukan, kita coba memperbesar objek 2 kali lipat, langkahnya :
􀀩 Buatlah objek seperti berikut, kemudian di blok:
􀀩 Klik Arrange > Transformations > Scale, sehingga pada sisi kanan layar akan muncul kotak dialog berikut :


Gambar 17. Rectangle


􀀩 Masukkan nilai 200 pada kotak H: dan juga kotak V: Ini ditujukan agar objek diperbesar 200% (dua kali lipat) pada sisi horizontal dan vertikal.
􀀩 Klik tombol Apply to Duplicate, untuk memunculkan objek duplikasi yang ukurannya 2 kali lipat objek asal.



Gambar 18. Scale Transformation


Catatan : Tombol yang ada di bawah tulisan Mirror, digunakan jika kita ingin mengubah skala ukuran objek sekaligus membuat objek itu terbalik, bisa dari sisi kiri – kanan, bisa juga sisi atas - bawah


d. Size
Size fungsinya hampis sama dengan scale, tapi disini kita langsung memasukkan nilai ukuran (bisa jadi dalam satuan cm, mm, in dll), bukan berdasarkan persentasi. Cara penggunaannya hampir sama
e. Skew
Skew fungsinya hampir sama dengan rotate, tetapi di sini kita menentukan derajat perputaran pada dua sisi, yaitu H: (Horizontal) dan juga V: (Vertikal)


4. Blend
Blend adalah sebuah efek yang bisa memunculkan objek dalam jumlah yang banyak sesuai dengan nilai yang ditentukan, langkah-langkahnya :
􀀩 Buatlah 2 buah objek berbentuk lingkaran, dan beri jarak pada sisi sejajar, lihan contoh gambar


Gambar 19. 2 Objek untuk Blending

􀀩 Blok kedua objek, caranya klik lingkaran sebelah kiri menggunakan pick tool, kemudian tekan tombol shift pada keyboard, dan klik lingkaran sebelah kanan
􀀩 Clik Effect > Blend, pada menubar, sehingga akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut :


Gambar 20. Jendela Blend

􀀩 Jika tidak muncul, gambar seperti berikut, klik ikon paling kiri dari 4 buah ikon yang ada di bagian atas kotak dialog
􀀩 Pada kotak dibawah Number of Steps, masukan nilai untuk menentukan berapa jumlah objek baru yang akan muncul. Masukkan nilai 10
􀀩 Klik tombol Apply.
􀀩 Sekarang lingkarannya akan berjumlah 12. Karena pada awalnya ada 2, ditambah 10 buah yang baru.

  Gambar 21 hasil Blend
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogger templates